Nama Sekolah/MTS : ...
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : - Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
- Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
- Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Menjelaskan sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
- Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
- Menjelaskan rumus keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.
- Menentukan keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
I. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi:
- Menjelaskan sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
- Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
- Menentukan keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
II. Materi Pembelajaran
a. Bangun-Bangun Datar
III. Model Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Berbasis Masalah (dengan kegiatan Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi)
2. Strategi Pembelajaran : Student Center
3. Metode Pembelajaran : Proyek, tanya jawab, diskusi, latihan soal
4. Pendekatan : Konstruktivisme
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan (opening)
Fase 1:menyampaikan tujuan
a. Guru menyajikan tujuan pembelajaran
b. Peserta didik memperoleh motivasi.
c. Peserta didik dipersiapkan mentalnya dengan cara menyiapkan kondisi fisik kelas, menyiapkan buku pelajaran dan hal-hal yang terkait dengan pembelajarann yang akan dilaksanakan.
b. Peserta didik diberi apersepsi, dengan mengingatkan berbagai bentuk bangun datar yang telah dipelajari di SD/MI.
c. Guru melakukan introduksi bahwa banyak bentuk-bentuk dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk segitiga, jajargenjang, layang-layang, dan trapesium.
2. Kegiatan Inti:
Fase I: Orientasi peserta didik kepada masalah
Peserta didik diberikan suatu masalah:
1. Orientasi Masalah:
Dapatkah kalian menentukan alas segitiga jika tinggi dan luas diketahui?
Dapatkah kalian menentukan tinggi segitiga jika alas dan luasnya diketahui?
Dapatkah kalian menentukan alas jajargenjang jika tinggi dan luas diketahui?
Dapatkah kalian menentukan tinggi jajargenjang jika alas dan luasnya diketahui?
Sebelum masalah ini diselesaikan peserta didik dikelompokkan.
Fase II: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
Melalui kegiatan eksplorasi:
Peserta didik diminta untuk berkelompok 4-5 orang. Peserta didik diberi kegiatan mengelompkkan/mengklasifikasikan bangun-bangun segitiga, persegi, persegipanjang, jajargenjang, belahketupat, layang-layang, trapesium, dari berbagi tipe dan ukuran yang telah ditentutan dulu ukurannya (misal ditulis luas dan tingginya, alas tidak), (ditulis alas dan tingginya luasnya tidak), dst.
Fase III: Membimbing penyelidikan secara kelompok maupun individual.
Kegiatan Elaborasi:
- Peserta didik diminta menulis hasil kegiatan ekplorasinya
- Peserta didik diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan secara kooperatif dan kolaboratif; dengan dipadu lembar kerja
A.Segitiga
Nama bangun Tinggi Panjang Alas Luas
B. Jajargenjang
Nama bangun Tinggi Panjang Alas Luas
Tugas:
Carilah hubungan antara luas, alas, tinggi pada bangun segitiga dan jajar genjang?
C. Buatlah tabel untuk persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang (catatan guru telah menyediakan alat peraga ini dengan berbagi ukuran yang telah ditentukan maupun dalam bentuk variabel)
Tugas:
Carilah hubungan antara komponen-komponen pada bangun tersebut, misalnya alas, tinggi, panjang, lebar, luas, diagonal pada bangun-bangun yang kalian kumpulkan!
Sajikan hasil eksplorasi kalian!
D. Keliling segitiga
Nama bangun Sisi 1 Sisi 2 Sisi 3 Keliling
E. Keliling jajargenjang
Nama bangun Sisi 1 Sisi 2 Sisi 3 Sisi 4 Keliling
Fase IV: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Kegiatan elaborasi dan konfirmasi:
Peserta didik diminta menyajikan dan mempresentasikan hasil kegiatan kegiatannya di depan kelas.
Sajian peserta didik sampai kepada cara menentukan rumus bangun-bangun datar.
Fase V: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
Masalah
Kegiatan Konfrimasi:
Melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab peserta didik/memberikan umpan balik, mendikusikan hasil eksplorasi dan elaborasinya.
Dengan memberikan pertanyaan bagaimana hubungan antara pajang alas, tinggi dan luas segitiga? Persegi, persegi panjang?
Dengan memberikan pertanyaan bagaimana hubungan antara pajang alas, tinggi dan luas jajargenjang? Layang-layang, belah ketupat?
Bagaimana menentukan keliling segitiga dan jajargenjang?
Elaborasi dan Konfirmasi:
Tulis rumus luas dan keliling segitiga!
Tulis rumus luas dan keliling jajargenjang!
Tulis rumus luas dan keliling persegi dan persegi panjang!
Tulis rumus luas dan keliling layang-layang!
Tulis rumus luas dan keliling belah ketupat!
Tulis rumus luas dan keliling trapezium!
3. Penutup (closing)
Kegitan: Konfrimasi:
Peserta didik diminta memberikan ulasan tentang luas dan keliling bangun-bangun datar yang telah dipelajari.
2) Guru memberikan tugas-tugas.
V. Sumber / Alat Pembelajaran
Sumber :
a. Buku paket
b. Referensi lain
Alat dan media :
a. Spidol
b. Papan Tulis
c. Berbagai Macam Tipe dan Ukuran jajargenjang dan segitiga yang telah ditentukan.
VI. PENILAIAN
Jenis Tagihan : Kuis, tugas individu,tugas kelompok
Bentuk instrumen : Tes uraian singkat dan tes pilihan ganda
Contoh Instrumen :
Nama Bangun Luas Tinggi Alas Diagonal
segitiga
Jajar genjang
….
……..
Semarang, Desember 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
NIP NIP
0 komentar:
Post a Comment